Tuesday, May 6, 2008

SINGGAH SEBENTAR

Hayati Disebalik Cerita Ini
Seorang pedagang membawa dua ekor keledai yang masing-masing membawa muatan di punggungnya. Keledai pertama membawa banyak muatan garam di punggungnya dan keledai kedua membawa muatan kapas di punggungnya. Di tengah perjalanan, keledai pembawa kapas berkata kepada keledai pembawa garam :”Wah, untungnya aku…bawaanku ringan, aku tidak susah seperti kamu yang kerja keras membawa bawaan yang berat di punggungmu itu….”
Keledai pembawa garam hanya tersenyum.. Ia tetap saja berjalan tanpa memperdulikan apa yang dikatakan oleh temannya si keledai pembawa kapas. Mereka berdua terus berjalan.
Tiba-tiba, hujan mulai turun dan semakin lama semakin deras. apa yang terjadi dengan ke-2 keledai pembawa kapas dan garam tadi??Kapas dan garam yang dibawa masing-masing keledai tersebut basah terkena hujan. Kapas menjadi berat karena menyerap air sementara garam mulai menyusut karena larut oleh air hujan. Keledai pembawa kapas mulai merasa lelah karena kapas yang diangkutnya menyerap air sehingga menjadi sangat berat. Sebaliknya dengan keledai pembawa garam. Muatan yang dibawanya menjadi lebih ringan kerana sebahagian garam larut oleh air hujan.

No comments: